-->

PERBEDAAN LAN DAN VLAN DALAM SEBUAH JARINGAN

APA SIH PERBEDAAN VLAN DAN LAN DALAM SEBUAH
JARINGAN KOMPUTER ?
MARI SIMAK PENJELASAN BERIKUT

LAN?
LAN adalah sebuah jaringan area local yang didefinisikan dan dinaungi oleh alamat network dan alamat broadcast yang sama.

Perlu anda ingat juga bahwa pada perangkat Router akan menghentikan traffic broadcast apapun itu protocolnya, tetapi pada switch akan secara otomatis akan meneruskannya.

VLAN?
VLAN adalah virtual lan yaitu sebuah jaringan lan yang secara virtual dibuat di sebuah switch. Pada switch standard biasanya akan meneruskan traffic dari satu port ke semua port yang lain ketika ada traffic dengan domain broadcast yang sama melewati port tersebut. Untuk switch yang khusus, mereka mampu untuk beberapa lan yang berbeda dengan ID yang berbeda di tiap portnya, dan hanya akan meneruskan traffic ke port-port yang memiliki id yang sama.
Switch type khusus ini sebenarnya sudah secara ototmatis memasang vlan didalamnya (vlan id=1) yang beranggotakan semua port yang ada.
Mengapa VLAN dibutuhkan?
Menjadi sangat penting juga vlan ini digunakan, yaitu ketika network Anda menjadi semakin besar skalanya dan traffic broadcast menjadi beban di seluruh network anda .
Beban yang terlalu besar yang disebabkan oleh traffic broadcast ini bisa menyebabkan network Anda terjatuh dan tidak se-responsif sebelumnya.

Kapan VLAN perlu diimplementasikan ?
Anda memerlukan vlan ketika kondisi jaringan anda:
·         Memiliki lebih dari 200 node perangkat didalam jaringan anda
·         Banyak terjadi traffic broadcast di jaringan anda
·         Anda ingin membagi beberapa user anda menjadi group-group tersendiri untuk meningkatkan keamanan
·         Mengurangi traffic broadcast yang banyak disebabkan oleh serangan virus dan program pengganggu lain yang akan memporak porandakan jaringan anda.
·         Atau anda hanya ingin membuat beberapa virtual switch dari switch yang sudah ada.

Mengapa tidak menggunakan satu subnet saja ?
Pada perkembangan jaringan anda, bisa saja membutuhkan perlakuakan yang berbeda (VOIP network, server network, local network, Gateway yang berbeda) tetapi masih berada di dalam infrastruktur dan lokasi yang sama.
Atau bisa juga sebaliknya, anda memiliki beberapa perangkat yang berlainan infrastruktur dan lokasi tetapi masih berada dalam  satu segmen network yang sama (infrastructure sharing).